Add User dan Group di LINUX

Sebenarnya tutorial kali ini merupakan tutorial sederhana yang mungkin sudah banyak yang tau dan bisa dibilang bagi para Linuxer Expert tutorial ini diluar kepala, tetapi Tutorial ini saya buat bukan untuk para pengguna Linux Senior ataupun Linuxer Expert melankan untuk para linuxer newbe seperti halnya saya sendiri, tetapi jika salah satu pengguna Sistem Operasi Linux nyasar ke Blog ini, saya yakin Otaknya mash setara dengan Otak saya, dan tutorial ini saya dedikasikan dan dimaksudkan untuk meringankan memori di otak saya.

Tux, the Linux penguin

Tux, the Linux penguin (Photo credit: Wikipedia)

nah berikut cara untuk membuat User baru pada sistem Linux anda :

root@bt:~# adduser d1d1
Adding user `d1d1′ …
Adding new group `d1d1′ (1001) …
Adding new user `d1d1′ (1001) with group `d1d1′ …
Creating home directory `/home/d1d1′ …
Copying files from `/etc/skel’ …
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully
Changing the user information for d1d1
Enter the new value, or press ENTER for the default
Full Name []: Didi dCross
Room Number []: 2
Work Phone []: 081917035050
Home Phone []:
Other []: http://www.lombokcyber.org
Is the information correct? [Y/n] y
root@bt:~#

Nah Contoh yang di atas merupakan salah satu contoh cara membuat User baru di sistem Operasi Linux. sebenarnya menambah user baru merupakan hal yang gampang, tetapi bagi pengguna baru dalam sistem operasi linux merupakan hal tidak gamapang tetapi juga tidak sulit, apalagi dalam tutorial ini saya buat dengan Distro turunan Debian yaitu Linux Ubuntu 10.10 dan berevolusi menjadi BT5 atau Backtrack 5 yang merupakan Sistem Operasi Linux minimalisir, dalam artian banyak dari fitur-fitur standarnya sudah di nonaktifkan seperti adduser via GUI bukan terminal seperti tutorial ini, dan banyak lagi fitur-fitur standar yang dihilangkan.

Leave a comment