Cara menambahkan User dan Group di Windows

Membuat user account di komputer rumah merupakan sebuah keharusan karena dengan adanya user account Anda sebagai Administrator dapat dengan mudah mengorganisasi pengguna komputer. Apalagi jika komputer rumah merupakan komputer yang digunakan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga.

Membuat user account di Windows 7 sejatinya tidak jauh berbeda dengan membuatnya di Windows Xp atau Vista, tetapi memang ada beberapa posisi menu di control panel yang tidak sama sehingga sebagian orang akan kesulitan menemukan link yang benar.

Keberadaan user account tidak hanya memberikan kemudahan organisasi komputer, tetapi Anda dapat mengontrol penggunaan aplikasi sekaligus membatasi akses pengguna atas file dan folder di dalam komputer terutama apabila anak Anda belum paham benar dengan sistem komputer yang beresiko merusak file atau program.

Oke, kita langsung masuk ke cara membuat user account di Windows 7.

  • Klik tombol Start dan klik Control Panel.
  • Kemudian klik User Accounts and Family Safety.

cara membuat user account di windows 7

  • Setelah halaman terbuka kembali, klik Add or remove user accounts.

cara membuat user account di windows 7

  • Di halaman ini Anda akan melihat daftar akun yang sudah dibuat sebelumnya, klik Create a new account.

cara membuat user account di windows 7

  • Pada kotak kosong isi dengan nama akun yang Anda inginkan, misalnya untuk istri, dalam kasus ini saya isi dengan nama akun Mama. Anda dapat menggunakan nama lain sesuka Anda. Kemudian pilih jenis akun, sebaiknya klik Standard user lalu klik tombol Create Account.

cara membuat user account di windows 7

  • Selesai, sekarang akun dengan nama Mama telah berhasil dibuat, selanjutnya Anda dapat menambahkan password, mengedit nama, menambahkan gambar, mengganti jenis akun atau menghapus akun. Klik nama akun dan lakukan organisasi akun sesuai dengan kebutuhan Anda.

cara membuat user account di windows 7Membuat user account di komputer tidak hanya memudahkan administrator dalam mengatur pengguna, aplikasi dan data komputer, tetapi juga dapat membantu Anda menjaga privasi akun karena setiap akun hanya dapat melihat history browser dan dokumen di dalam akunnya sendiri sehingga setiap aktifitas akun lain tidak akan diketahui kecuali level akun Anda administrator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s